Pengertian Total Station

 


A. TOTAL STATION
Total Station dirancang untuk mengukur jarak horizontal dan kemiringan, sudut dan ketinggian horizontal dan vertikal dalam survei topografi dan pekerjaan geodetik, sebagaimana menjadi solusi survei. Hasil pengukuran dapat direkam ke dalam memori internal Total Station dan dapat ditransfer ke komputer pribadi. Kemampuan dasarnya adalah dapat melakukan pengkuran dengan rentang jarak yang jauh, cepat, dan akurat.
Total Station mengukur sudut dan jarak ke berbagai titik yang disurvei melalui koordinat dari titik yang diamati (x, y, dan z atau utara, timur, dan elevasi) relatif terhadap Total Station dihitung menggunakan fungsi trigonometrik/geometris.

B. PRINSIF KERJA TOTAL STATION
Instrumen survei yang paling umum digunakan saat ini adalah total station. Total Station adalah kombinasi dari theodolite elektronik, Electronic Distance Measurement (EDM) dan mikroprosesor dengan unit memori. Theodolite digital elektronik pertama kali diperkenalkan pada akhir 1960-an oleh Carl Zeiss Inc dan ditujukan membantu mengatur panggung untuk pengumpulan maupun pemrosesan data lapangan yang modern.

Di sebagian besar Total Station, sebuah dioda pemancar cahaya inframerah termodulasi, yang mengirimkan sinar dari instrumen ke prisma. Prisma memantulkan sinar ini kembali ke Total Station. Bagian dari panjang gelombang yang meninggalkan instrumen kemudian kembali dinilai dan dihitung. Atau dengan kata lain, instrumen EDM yang terpasang di dalam teleskop Total Station mentransmisikan sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit dengan bantuan prisma (setelah refleksi internal total). Dalam hal ini, EDM menggunakan pengukuran waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh sinar tersebut. Dengan beberapa pengecualian, instrumen EDM mensyaratkan bahwa target sangat reflektif dan prisma yang mencerminkan biasanya digunakan sebagai target.

Sebagian besar dari Total Station juga merupakan perekam data. Data mentah (sudut dan jarak) beserta koordinat titik yang terlihat dicatat bersama dengan beberapa informasi tambahan (biasanya kode untuk membantu menghubungkan koordinat dengan titik yang disurvei). Data yang direkam tersebut dapat langsung diunduh ke komputer.

Total Station banyak digunakan di banyak lokasi konstruksi. Dalam banyak kasus, ini tidak sepenuhnya digunakan karena pengguna tidak menyadari kemampuan operasional penuhnya. Total Station yang digunakan untuk leveling termasuk dalam klasifikasi leveling tidak langsung. Dengan akurasi yang tinggi, Total Station dapat digunakan untuk banyak pekerjaan umum seperti pembangunan jalan, bandara, dan pelabuhan.

C. TAHAP TEKNIS TOTAL STATION

Untuk pekerjaan lapangan, Total Station dipasang pada tripod dan diratakan sebelum digunakan. Sementara itu, prisma dipasang pada tiang yang ketinggiannya diketahui. Braket pemasangan termasuk alat bantu untuk mengarahkan instrumen. Prisma dipasang sehingga titik pantulannya sejajar dengan pusat kutub tempat ia dipasang.

Meskipun ujung tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei, instrumen harus diarahkan pada prisma. Jadi, hal tersebut selanjunya dapat menghitung posisi prisma dan bukan titik yang akan disurvei. Karena prisma berada tepat di atas ujung, ketinggian tiang dapat dikurangi untuk menentukan lokasi titik.

D. KELEBIHAN PENGGUNAAN TOTAL STATION
  • Pengaturan instrument yang cepat pada tripod yang menggunakan laser.
  • Program perhitungan area on-board untuk menghitung area bidang.
  • Akurasi yang lebih besar dalam perhitungan area karena kemungkinan mengambil lengkungan dalam perhitungan area.
  • Tampilan grafik plot dan tahan untuk visualisasi yang lebih cepat.

E. KELEMAHAN PENGGUNAAN TOTAL STATION
  • Penggunaannya tidak memberikan hard copy catatan lapangan.
  • Untuk pemeriksaan survei secara keseluruhan, anda harus Kembali ke kantor dan menyiapkan gambar menggunakan perangkat lunak yang sesuai.
  • Total Station tidak boleh digunakan untuk pengamatan matahari tanpa filter khusus.
  • Instrumen ini mahal dan untuk melakukan survey menggunakan Total Station, tenaga termapil sangat diperlukan.

Kami Geometri Makassar menawarkan penjualan serta rental dan service/kalibrasi alat survey Total Station, silahkan klik disini


SUMBER : https://eticon.co.id/total-station/